Tentang Mahasiswa

"Kalian ini sudah mahasiswa!"
Sebuah teriakan yang biasa sekali didengar untuk kuping maba. Menjejalkan sebuah pemikiran baru, menjejalkan sebuah pemahaman baru bahwa sekarang kamu bukan siswa lagi.

Lalu apa yang bisa dilakukan oleh mahasiswa?
Singkat. Menjalankan peran-perannya sebagai mahasiswa.

Apa itu?
Mungkin kalian sudah tau dan sering dengar istilah ini saat orientasi mahasiswa baru dulu. Kalopun lupa akan saya ingatkan kembali.

IRON STOCK
Mahasiswa diharapkan menjadi manusia-manusia tangguh yang memiliki kemampuan dan akhlak mulia yang nantinya dapat menggantikan generasi-generasi sebelumnya.

SOCIAL CONTROL
Mahasiswa harus mampu mengontrol sosial yang ada di lingkungan sekitar. Jadi, selain pintar dalam bidang akademis, mahasiswa juga harus pintar dalam bersosialisasi dengan lingkungan.

AGENT OF CHANGE
mahasiswa dituntut untuk menjadi agen perubahan. Maksudnya, bila ada sesuatu yang terjadi di lingkungan sekitar dan itu salah, mahasiswa dituntut untuk merubahnya sesuai dengan harapan sesungguhnya.

MORAL FORCE
mahasiswa diwajibkan untuk menjaga moral-moral yang ada. Bila di lingkungan sekitar terjadi hal-hal yang tidak bermoral, maka mahasiswa dituntut untuk merubah dan meluruskan kembali sesuai dengan apa yang diharapkan.

Dalam satu sesi yang kami sebut dengan "pengaderan" salah seorang seniorku pernah menjelaskan contoh-contoh PFM dalam peristiwa Mei 1998. Dan seketika itu juga ingatanku kembali kepada masa di mana media penuh dengan berita kerusuhan di mana-mana. Pembakaran rumah, pertokoan, mall, kendaraan, dll.
Mahasiswa menuntut sebuah kata yang mudah sekali untuk diucapkan tapi banyak nyawa melayang karenanya, REFORMASI.
Itukah PFM yang dimaksud?



Satu sikap yang lebih sering menggunakan kekerasan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada di institusi pendidikannya, di wilayahnya, bahkan di negerinya.
Itukah PFM yang dimaksud?

Atau..
Melakukan demo besar-besaran yang akhirnya meresahkan masyarakat karena macet dan lain-lain.
Itukah PFM yang dimaksud?



Silahkan dijawab..

***

Dengan kondisi bangsa yang masih carut-marut ini, dengan trade record mahasiswa yang mungkin sudah dipandang sebelah mata oleh masyarakat. Saya yakin bahwa mahasiswa, pemuda-pemudi generasi penerus bangsa, bisa untuk merubah negeri ini menjadi lebih baik. Selama kobaran semangat itu masih ada, selama lilin harapan itu belum padam, mimpi ini pasti akan terwujud. Amiin..

HIDUP MAHASISWA!!
HIDUP RAKYAT INDONESIA!!
MERDEKA!!
Previous
Next Post »
0 Komentar