Hitam Putih


Kemeja putih polos lengan panjang, celana/rok kain warna hitam, sepatu fantofel hitam polos. Dress code yang akan menemani setiap pergantian 'jabatan' sebagai mahasiswa. Saat pertama kali menginjakkan kaki di PENS sebagai mahasiswa baru, baju ini lah yang kita pakai. Saat menjadi panitia OMB pun demikian halnya. Dan kini setelah kita berada di tingkat atas, baju ini juga yang menemani perjuangan kita selanjutnya dalam sidang-sidang dari KP, TPPA, Progres 1 (untuk D4), dan (the final) sidang TA. Untuk beberapa anak (bisa jadi juga banyak anak) menambahkan baju ini untuk dress code-nya saat mengikuti pelatihan-pelatihan. See.. betapa banyak warna hitam putih yang mewarnai sejarah kita.

Bila dibandingkan dengan baju standart kuliah yang biasa kita pakai memang tidak sebanding banyaknya. Tapi kesan yang diambil dari hitam putih ini jauuuuh.. lebih meninggalkan bekas tersendiri. Saat maba, Orientasi Mahasiswa Baru (OMB), LKMM Pra TD. Setelah tingkat akhir, tiap 1 semester sekali, drescode ini akan menemani perjalanan sidang-sidang yang kita jalani. Ada yang bilang, masuk hitam putih, untuk lulus pun juga hitam putih.

Hari ini hitam putih itu kembali menemaniku dalam menjalani prosesi sidang KP. Teman-temanku banyak yang bilang kalau sidang KP itu santai sekali, bahkan singkat. Tapi itu semua tidak berlaku untuk kami. Senyum penguji benar-benar manis. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan cukup menyayat. Dan kami harus memutar otak untuk mengingat semua ingatan yang jujur saja mulai hilang karna grogi dan lain sebagainya.

Bila kami bisa menggambarkannya bagaimana prosesi sidang itu, kemudian memberikan warna-warna di dalamnya. Akan nampak di sana warna yang semula seperti pelangi, lama kelaman hilang. Dan yang tersisa hanya HITAM PUTIH.

Ya..
sehitam-putih baju yang kami kenakan
sehitam-putih pertanyaan yang diajukan
sehitam-putih perasaan ketika sidang berlangsung
sehitam-putih rambut pembimbing dan penguji kami (hehhehehe..)

Tapi semuanya sudah berakhir. Hitam putih itu kembali berwarna dengan satu sentuhan senyum manis yang ditorehkan setelah sidang berlangsung. :)

Previous
Next Post »
0 Komentar