Bukan Sekedar Rupiah


Duit 200 ribu buat apa?
 Hemm.. lumayan tuh buat jalan-jalan ke WBL, Jatim Park, atau keluar kota. Atau buat jalan-jalan ke mall, beli sepatu model paling yahuud, baju "diskonan" yang keren, aksesoris penghias tangan yang bisa bunyi tik-tok-tik-tok tiap detikanya. Atau buat wisata kuliner mulai dari pinggir jalan sampai resto keren yang berasa jadi orang kece pas makan di sana.
Ya. 200 ribu adalah jumlah yang cukup buat bersenang-senang. Setidaknya 1 item bisa kamu dapat dengan 200 ribu itu.

Tapi gak tau apa yang salah dengan otakku. Ketika dapat duit sejumlah itu, ujung-ujungnya bukan ke mall buat beli baju, sepatu, aksesoris, atau ke resto mahal, atau ke tempat-tempat wisata yang bisa bikin deg-deg syur, tapi ke toko buku. Mungkin sudah ada defaultnya kali ya..

Iya sih, gak semua dipakai buat beli buku. Buat beli kebutuhan-kebutuhan yang juga. Kayak kemaren pas lagi butuh modem, duit itu bisa dipakai (dengan tambahan duit dari bokap).

Terus gimana kalo setelah apa yang lagi dibutuhkan terpenuhi dan duitnya sisa?
Sudah pasti jawabnya ngacir ke toko buku buat beli buku.

For your information aja..
Bulan kemaren aku dapet duit 250 ribu dari persit yang aku pakai buat beli cool pad. Dengan berbagai tambah-kurang akhinya duit itu utuh. Dan bagaimana aku menghabiskannya dalam waktu 1 jam? Ke toko buku. Alhamdulillah buku yang lagi aku incer dari beberapa bulan yang lalu kebeli (buku Indonesia Mengajar. red). Niatnya memang cuma beli buku itu aja, terus sisanya ditabung ke bank buat simpenan kalo seandainya bulan depan gak dapet duit jajan lantaran liburan. Tapi niat itu akhirnya kandas pas aku liat buku Majapahit seharga 80 ribu (diskon 15%, sisanya hitung sendiri) di sebelah buku Indonesia Mengajar. Gak perlu waktu lama buat mikir-mikir, ambil-kembalikan seperti biasanya, buku itu aku beli.

Dan kejadian itu berulang untuk sore ini. Ambil 200 ribu di ATM. Rencananya mau ngilangin bosen dengan keluar rumah. Yaaah.. buat sekedar jalan-jalan ke mall, wisata kuliner, dan seperti biasanya beli buku.

Sore ini..
Burger buto spesial with teh botol sosro menemani kesendirianku di Kedai 27. (Ya. Aku jalan-jalan sendiri. Bukan gak punya teman. Tapi males aja nunggu-nunggu terus akhirnya gak jadi. Rencana gagal.) Dilanjutkan dengan 2, Kening, dan Mus'haf Al-Qur'an dan Terjemahan di togamas.

Menyesal?
Enggak. Sama sekali enggak.
Aku benar-benar bersyukur banget karna udah ketinggalan Conan Series sampai hampir 10 nomer. Kalo enggak sudah pasti first list-nya jadi Conan. Dan karna itu juga buku yang aku beli selalu punya nilai.

Satu-satunya hal yang bikin aku resah sekarang adalah misteri hilangnya buku Majapahit-ku yang seharga 80 ribu (80 ribuuuu.. bayangkan! dan hilang! :hammer). Aku masih ingat banget terakhir kali buku itu aku taruh di deket bantal sebelum aku balik ke Surabaya buat bimbingan. Dan pas aku pulang lagi, wuusss.. buku itu udah gak ada di tempatnya. "Mungkin dibaca ayah," pikirku. Ternyata tidak. "Mungkin dipinjem Lila, buat referensi," pikirku lagi. Ternyata tidak. "Mungkin jatuh," pikirku. Ternyata tidak. "Mungkin nyelip di salah satu rak buku di rumah,"pikirku. Ternyata tidak.
Kemungkinan terakhir yang sebenarnya aku sendiri juga gak yakin, buku itu ada di kost. Yang ini belum aku tanyakan ke teman kostku yang sekarang lagi merana di kost sendirian. Hhh.. semoga saja buku itu ada di sana.. ʃƪ ˇ)
Previous
Next Post »
0 Komentar