There's A Will, There's A Way


Harus yakin dan selalu yakin bahwa Allah selalu ada di sisi kita. Di saat apa pun itu. 

Sedikit berbagi cerita..
Menjadi leader dari riset penelitian prodi tentang rumah energi mandiri bagi saya adalah sebuah pilihan yang mengandung resiko tinggi. Pertama, saya harus bertanggung jawab atas proyek akhir saya sendiri. Dan yang kedua, saya harus memastikan bahwa proyek akhir dari masing-masing follower saya berjalan dengan baik. Dan yang terakhir, memastikan hal-hal remeh-temeh lain yang menunjang proyek besar kami ada.

Awalnya tidak ada masalah dengan ini. Semua tampak baik-baik saja. Mungkin karna masih belum ada gambaran secara jelas. Tapi setelah masing-masing dari kami mengungkapkan tugas dan bagian masing-masing, di sinilah mulai ada konflik. Proyek ini pada dasarnya adalah gabungan dari tugas akhir kami yang kemudian dijadikan satu kesatuan yang nantinya akan menjadi riset unggulan prodi D4 Teknik Elektro Industri. Jadi, sudah jelas bila masing-masing dari kami mengharapkan pembagian "jatah" yang jelas dan tidak merugikan. Dalam hal ini, masing-masing dari kami punya pegangan yang jelas dan layak untuk diajukan sebagai judul tugas akhir.

Kegalauan pertama saya sebagai leader pun dimulai. Permasalahan yang terjadi adalah saya belum punya gambaran yang sekiranya bisa benar-benar menjadi solusi untuk kami semua. Alhamdulillah, setelah konsultasi dengan bapak kaprodi langsung semua jadi sedikit lebih terang.

Tidak berhenti sampai di situ saja tentunya. Pertemuan pertama dengan dosen leader kami benar-benar wow. Semakin tergamblanglah apa-apa saja yang harus kami lakukan.
1. Menyiapkan perijinan pembangunan rumah tipe 27 di kawasan PENS
2. Menyiapkan dana untuk pembangunan kerangkan rumah yang bila ditaksir sekitar 10juta
3. Mencari sponsor untuk membantu pendanaan
4. Menyiapkan dana lagi untuk keseluruhan sistem yang akan dibangun, kisaran 50juta

Menyoroti no.2 dan 4. Saya mulai berpikir, dari mana kami bisa mendapatkan dana dalam waktu begitu singkat. Satu keyakinan yang membuat saya sedikit lebih tenang.

"Allah Maha Kaya. Allah tidak akan menimpakan suatu ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya. Dan pertolongan dari Allah itu pasti ada bila kami mau mengusahakannya."

Walaupun sampai saat ini saya belum bisa memastikan apakah nanti kami akan memperoleh bantuan dana atau tidak. Tapi selama semangat itu masih ada. Selama keinginan untuk terus berjuang itu masih ada. Pasti ada jalan :)
Previous
Next Post »
0 Komentar