Menjelang 21 Tahun


perjalanan di kreta selalu membawa cerita..

Kali ini aku disadarkan akan sesuatu yang bagiku itu tidak penting. Umur.

"Itu looo tanya sama Tante.."

Aku bukan orang yang benar-benar peduli dengan umur, hari lahir, dan yang berhubungan dengan itu. Hari ulang tahun pun aku sering kali lupa. Hanya menjalani apa yang sudah seharusnya dijalani. Mengejar mimpi-mimpi. Tapi pernyataan itu benar-benar menyadarkanku. Aku sudah bukan lagi anak-anak. Dibilang remaja kinyis-kinyis pun juga tidak. Keponakanku juga sudah cukup banyak. 20 tahun. Memang sudah sangat amat wajar, kalo anak usia kurang dari 10 tahun menyebutku tante.

Tapi bukan itu masalahnya..
93 hari lagi. Aku sudah genap 21 tahun. Pertanyaannya..
Apa saja yang sudah aku lakukan sampai aku umur 21 tahun ini?
Sudahkah aku menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain?
Sudahkah aku membahagiakan orang tuaku? Atau jangan-jangan aku hanya menjadi beban mereka saja?
Apa saja yang sudah aku capai?
Sudahkah aku menjadi sosok yang dewasa?

Bebapa hal yang terjadi kemarin-kemarin, menjawab semuanya..
Masih banyak hal buruk yang sebenarnya aku tau itu salah, masih juga aku lakukan. 
Aku pun tak tau apakah aku sudah bermanfaat bagi orang lain. Apakah kehadiranku cukup berharga untuk mereka. Aku tak tau itu.. 
Aku belum bisa sepenuhnya membahagiakan mereka. Bahkan aku sering kali menyusahkan mereka. Dan sebentar lagi, mungkin aku akan membuat mereka kecewa karna... (sudah pernah aku bahas di post sebelumnya).
Pencapaian yang sudah aku capai memang sudah cukup baik. Tapi aku belum sepenuhnya bertanggung jawab dengan segala pencapaian yang aku punya.
Sudahkah aku dewasa? Aku tak tau.

Sampai kapan pertanyaan-pertanyaan itu akan terjawab dengan baik? Aku sadar. Amat sangat sadar. Tiap detik perjalanan hidupku akan selalu mendekatkanku pada satu akhir yang hanya Tuhan yang tau. Kematian. Sang ujung dari perjalanan hidup. Bila sampai waktuku.. dan itu semua belum jua terjawab. Betapa nistanya diriku ini.

Hhhh..
Semoga saja langkah ke depan yang akan ku lalui bisa aku lalui dengan baik. Keep focused and consistent, Lel!!


Previous
Next Post »
0 Komentar