Kontroversi Fashion Hijab

Sebenernya hasrat pengen nulis ini itu karna merasa abis disenggol sama artikel dari blog sebelah. Buat yang pengen baca, silahkan klik di sini

Sebagian besar dari apa yang dia tulis, aku setuju banget. Dan mungkin gak cuma aku aja kali yaa...

Sudah jadi kodratnya kalo yang namanya wanita itu ya pengen keliatan cantik. Itu sudah pasti. Sudah gawan bayinya. Bahkan cewek yang tomboy sekalipun. Pada akhirnya mereka pun pasti kepingin juga tampil cantik, dengan caranya sendiri tentunya. Mmmm... Bisa dibilang, ketika wanita beranjak dewasa maka keinginannya buat peduli dengan penampilan itu akan semakin tinggi. Tentunya ini disesuaikan dengan selera masing-masing yaa. Dan standart masing-masing orang pasti juga beda-beda. Miss Cuek, mungkin akan berdandan sesimpel mungkin, karna mungkiin menurutnya itu dandanan yang paling "gue banget". Tapi jangan dibandingin sama Princess Perfect yang sering dandan ala boneka Barbie karna itu pasti salah satunya bakal kebanting (tinggal liat dari kacamata mana liatnya). Gak terkecuali cewek-cewek muslim tentunya.

Mulai dari model baju, sepatu, aksesoris, tas, rambut, hijab, make up, dan bla bla bla terus-terusan diupdate biar keliatan gaul dan cantik. Tapi mungkin fashion yang berkembang di Indonesia beberapa tahun sebelum (bahkan sekarang pun masih) banyak menampilkan baju-baju yang minim kain atau yang lebih familiar dengan sebutan sexy, akhirnya banyak wanita muslim yang pikir-pikir ulang buat pake hijab. Kalo pake hijab panas, keliatan kuno, gak gaul, dan macam-macam opini lain. Akhirnya, beberapa tahun terakhir (tahun launchingnya aku gak ngeh, hehhe) mulai muncul yang namanya fashion hijab. Kalo muncul aja sih, sebenernya dari dulu juga udah ada. Tapi makin santer sejak ada designer-designer fashion muslim. Ya mereka ini yang sekaligus bawa aneka macem model hijab. Sebenernya ada bagusnya sih, karna sebenernya image awal yang pengen mereka tanamkan itu ini.
"Jangan takut keliatan kuno atau kampungan dengan berhijab. Karena sekarang dengan berhijab pun wanita bisa keliatan modis, cantik, dan tentunya tetep syar'i."
Dari fashion show, ke berkembangnya butik-butik baju muslimah, trus hijab tutorial dari pelosok negeri yang ditampilkan melalui berbagai media. Alhasil, ya jangan heran juga kalo makin banyak cewek-cewek yang mulai pake jilbab. Gak cuma banyak, tapi banget. Kenaikannya bisa dibilang drastis banget. Sebagai muslimah, aku pribadi seneng. Alhamdulillah kalo akhirnya banyak yang mau pake hijab.
Iseng iseng search gambar "hijab" di google dan munculnya yang kayak begini

Fashion hijab, awalnya memang nampak sebagai solusi baru yang mengatasi susahnya ngajak orang buat berhijab. Tapi lambat laun sepertinya mulai melebihi porsinya. Kreatifitas pun harus dibatasi oleh norma-norma agama, kan? Pemakaiannya mulai banyak yang keliru. Konsep hijab modis nan syar'i pun jadi makin salah kaprah. Kalo dulu masalahnya kayak gini
"Pake hijab kok bajunya ketat banget? | Pake hijab kok hijabnya gak nutup dada? | Pake hijab kok auratnya masih ada yang keliatan? | bla bla bla ..."
Sekarang malah nambah lagi..
"Kok ada punuk untanya?"
Jadinya malah kayak pegadaian, mengatasi masalah dengan masalah (catatan: Seharusnya mengatasi masalah tanpa masalah, tapi yang namanya gadaiin barang pastinya bakal munculin masalah baru lah. Kan hutang dengan jaminan barang berharga, itu kan masalah, ya kan?).

Harusnya kan gak gitu. Solusi konkrit itu sebenernya satu, kesadaran buat mau sami'na wa ato'na ke perintah-perintah Allah yang udah jelas ada di Al Quran. Tentang bagaimana seharusnya berhijab. Kan perintahnya jelas, untuk muslimah, hijabnya terulur menutup dada, tidak membentuk punuk unta. Jelas banget kan? Tapi tetep aja minta kortingan ke Allah. "Ya Allah, kalo lengannya 7/8 gpp kan ya? kan kebukanya dikit doang." "Ya Allah, kalo rambutnya diganjal dikit gpp kan yaa.. biar hijabnya jatuhnya bagusan dikit." "Ya Allah, kalo pake make up tebelan dikit gpp kan ya? Kan sekali-kali doang." Astaghfirullah..

Ngaku deh, aku juga kadang masih jadi salah satu di antaranya kok. Hehehehehe...

Jadi inget sama salah satu postingan di fb beberapa bulan yang lalu. Di situ temenku nge-share fotonya biarawati yang pake hijab (sebut aja gitu, aku gak tau mereka nyebutnya apa). Trus di bawah foto itu ada salah satu ayat yang nyebutin tentang kemiripan dengan suatu kaum tertentu. Dulu, pas aku baca postingan itu ati langsung deg!. Sekarang kalo dipikir-pikir lagi, bukannya mereka yang niru kaum muslim? Sekalipun mereka kaum nasrani, tapi pakaian yang dipakai justru seperti yang ada di Al Quran. Gak ketat, gak ada punuk untanya, gak pake make up tebel, nutup dada juga. Kebetulan yang ngepost temenku yang masih belum berhijab. Dia nambahin komentar di foto yang dia share itu yang kurang lebih bilang kalo dia beruntung bukan jadi sebagian dari mereka. Lucu kan? Kalo yang pake jilbab aja masih dibilang mirip orang kafir, nah yang gak pake gimana dong? Gak perlu dijawab kali yaa.. Kan udah pada ngerti, ya kan?

Yah, itulah tentang sekelumit kontroversi yang ada. Satu sisi baik, tapi satu sisi juga mengkhawatirkan. Kalau yang agama lain aja bisa nulis sepanjang itu di blognya, kan kesannya gimana gitu. Yuk, mari berbenah. Gak perlu nurut apa kata trend, tapi nurut apa kata Al Quran yang udah pasti bener.

***

Nb: 
Tulisan ini bukan untuk menghakimi, sok benar, atau apapun. Karna penulis pun juga masih jauh dari kata sempurna. Di sini aku cuma ngajak buat intropeksi diri, kemudian sama-sama berbenah. Saling mengingatkan juga sih. Karna gimana pun juga liat salahnya orang lebih gampang dari pada liat salahnya sendiri. Buat yang mau kritik ato kasih saran, silahkan komen di bawah. Komen Anda berarti untuk perbaikan di masa yang akan datang :)


Previous
Next Post »
0 Komentar